Sertifikasi Digital Marketing: Penting atau Tidak?

Kemajuan pesat teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah pola perilaku konsumsi Pola belanja tradisional atau offline mulai digantikan oleh pola belanja digital berbasis internet, yaitu: online bisnis. Generasi milineal yang memegang porsi besar komposisi penduduk adalah pasar utama online. Memasarkan produk atau pemasaran produk via online menjadi suatu keniscayaan. Digital marketing adalah kunci memahami dan menguasai pasar online. Bukti menunjukkan banyak peluang bisnis yang lebih terjangkau jika seorang pemasar memahami digital marketing. Teknologi informasi dan komunikasi lebih mudah dan juga murah menjangkau audiens atau konsumen potensial yang lebih luas, bahkan melwati batas geografis dan negara. Pertanyaan yang diajukan adalah: “Apakah penting mempelajari digital marketing?”

Digital marketing merupakan strategi pendekatan penawaran atas produk barang dan atau jasa melalui internet. Kita tidak asing dengan internet, dan bahkan setiap saat selalu terhubung. Salah satu kekuatan internet adalah kecepatan berbagi informasi, dan media hiburan yang tersedia luas dan terupdate setiap detik. Konsumen potensial lebih banyak terdapat di dunia maya, dan lbih mudah menjangkau mereka. internet menyediakan ruang tidak terbatas yang bisa diekplorasi untuk kepentingan bisnis. Biaya mempromosikan atau mengomunikasikan produk lebih murah via internet. Bahkan biaya iklan dan biaya terkait dapat ditekan dibandingkan pemasaran tradisional, yang menggunakan iklan offline. Digital marketing adalah kunci menguasai pasar luas tidak terbatas.

Mempertimbangkan pentingnya digital marketing, pemasar sebaiknya mempersiapkan diri dengan mengikuti pendidikan khusus tentang hal tersebut. Mengikuti tayangan Youtube, mempelajari artikel dari situs atau blog dari Google, atau mengikuti arahan dari media sosial, menghadiri seminar tentang digital marketing, adalah langkah awal. Itu tidak cukup. Keahlian digital marketing sebaiknya diraih melalui pelatihan khusus terprogram. Melalui pelatihan terprogram, seorang pemasar akan mendapatkan hasil maksimal pemahaman dan keahlian tentang digital marketing.  

Ada sejumlah pelatihan terprogram, terutama yang bersertifikasi diakui negara, salah satunya adalah program Sertifikasi Digital Marketing yang diselenggarakan oleh  Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Digital (LSPTD). Lembaga ini sudah berdiri lama, didirikan untuk membangun kompetensi sumber daya manusia Indonesia di bidang teknologi digital. Lembaga ini memiliki kemampuan mumpuni untuk melatih dan sekaligus menilai kompetensi keahlian digital marketing (https://lspdigital.id/).

Tidak ada salahnya bergabung dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Digital (LSPTD), untuk meraih pengakuan kompetensi Sertifikasi Digital Marketing.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini